Model

Model adalah sebuah instance dari CModel atau sebuah class yang menurunkan CModel. Model digunakan untuk menyimpan data dan aturan bisnis yang relevan.

Sebuah model mewakili sebuah objek data tunggal. Dapat berupa sebuah baris dalam tabel database atau sebuah form html dengan field input user. Setiap field atau objek data diwakili oleh sebuah atribut model. Atribut memiliki sebuah label dan dapat divalidasi terhadap sekumpulan aturan.

Yii mengimplementasi dua jenis model: Model form dan active record. Mereka menurunkan dari kelas dasar yang sama, CModel.

Sebuah model form adalah instance dari CFormModel. Model form digunakan untuk menyimpan data yang dikumpulkan dari input user. Data ini biasanya dikumpulkan, digunakan dan kemudian dibuang. Misalnya, halaman login, kita bisa menggunakan model form untuk mewakili informasi username dan password yang disediakan oleh user. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan merujuk ke Bekerja dengan Form

Active Record (AR) merupakan sebuah pattern desain yang digunakan untuk mengabstraksi akses database dalam bentuk orientasi-objek. Setiap objek AR adalah instance dari CActiveRecord atau sebuah sub-kelas dari kelas itu, mewakili sebuah baris tunggal dalam tabel database. Field-field dalam baris dapat direpresentasikan dengan properti pada objek AR. Informasi lengkap mengenai AR dapat ditemukan di Active Record.

$Id: basics.model.txt 3251 2011-06-01 00:24:06Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.