Data Caching

Data caching sebenarnya berhubungan dengan penyimpanan beberapa variabel PHP dalam cache dan mengambilnya kemudian dari cache. Untuk keperluan ini, basis komponen cache CCache menyediakan dua metode yang dipakai dari waktu ke waktu: set() dan get().

Untuk menyimpan variabel $value dalam cache, kita memilih ID unik dan memanggil set() untuk menyimpannya:

Yii::app()->cache->set($id, $value);

Data yang ditembolok akan tetap berada dalam cache selamanya kecuali ia dihapus karena beberapa kebijakan caching (contoh, ruang cache penuh dan data terlama dihapus). Untuk mengubah perilaku umum kita juga bisa menyediakan parameter masa hidup(life-time) saat memanggil set() dengan demikian data akan dihapus dari cache setelah periode waktu tertentu:

// perlihara nilai dalam cache paling lama 30 detik.
Yii::app()->cache->set($id, $value, 30);

Selanjutnya, saat kita perlu mengakses variabel ini (baik dalam permintaan Web yang sama atau berbeda), kita memanggil get() dengan ID untuk mengambilnya dari cache. Jika nilai yang dikembalikan false, ini berarti nilai tidak tersedia dalam cache dan kita harus membuatnya kembali.

$value=Yii::app()->cache->get($id);
if($value===false)
{
    // buat ulang $value karena tidak ditemukan dalam cache
    // dan simpan dalam cache untuk dipakai nanti:
    // Yii::app()->cache->set($id,$value);
}

Ketika memilih ID untuk variabel yang ditembolok, pastikan ID unik di antara semua variabel lain yang mungkin ditembolok dalam aplikasi. ID tidak perlu unik di antara berbagai aplikasi karena komponen cache cukup pintar untuk membedakan ID pada aplikasi yang berbeda.

Beberapa penyimpanan cache, seperti MemCache, APC, mendukung pengambilan beberapa nilai yang ditembolok dalam mode tumpak(batch), ini dapat mengurangi beban terkait pada pengambilan data cache. Terdapat metode bernama mget() disediakan guna mengeksploitasi fitur ini. Dalam hal penyimpanan cache lapisan bawah tidak mendukung fitur ini, mget() masih tetap akan mensimulasikannya.

Untuk menghapus nilai yang ditembolok dari cache, panggil delete(); dan untuk menghapus semuanya dari cache, panggil flush(). Harap berhati-hati saat memanggil flush() karena ia juga menghapus data yang ditembolok yang berasal dari aplikasi lain.

Tip: Karena CCache mengimplementasikan ArrayAccess, komponen cache bisa dipakai layaknya sebuah. Berikut adalah beberapa contoh:

$cache=Yii::app()->cache;
$cache['var1']=$value1;  // sama dengan: $cache->set('var1',$value1);
$value2=$cache['var2'];  // sama dengan: $value2=$cache->get('var2');

1. Ketergantungan Tembolok

Selain pengaturan masa hidup, data yang ditembolok juga bisa disegarkan berdasarkan pada beberapa perubahan ketergantungan. Sebagai contoh, jika kita men-cache konten beberapa file dan file berubah, kita harus menyegarkan duplikat yang ditembolok dan membaca konten terbaru dari file alih-alih cache.

Kami menyajikan ketergantungan sebagai turunan dari CCacheDependency atau anak kelasnya. Kami mengoper turunan ketergantungan bersamaan dengan data yang ditembolok saat pemanggilan set().

// nilai akan berakhir dalam 30 detik
// ini juga akan disegarkan sebelumnya jika file dependen diubah
Yii::app()->cache->set($id, $value, 30, new CFileCacheDependency('FileName'));

Sekarang, jika kita mengambil $value dari cache dengan memanggil get(), ketergantungan akan dievaluasi dan jika ia berubah, kita akan mendapat nilai false yang menunjukan data perlu dibuat ulang.

Di bawah ini adalah ringkasan ketergantungan cache yang tersedia:

2. Query Caching

Mulai dari versi 1.1.7, Yii telah menambah fungsi query chacing. Query Chacing dibuat di atas data caching, digunakan untuk menyimpan hasil query DB ke dalam cache sehingga menghemat waktu eksekusi query DB jika query yang sama diminta di masa mendatang, sehingga bisa langsung diambil dari cache.

Info: Beberapa DBMS (contohnya MySQL) juga mendukung query caching pada bagian server DB. Dibandingkan dengan query caching pada bagian server, fitur yang kami dukung disini lebih fleksibel dan berpotensi untuk lebih efisien.

Mengaktifkan Query Caching

Untuk mengaktifkan query caching, pastikan

Enabling Query Caching CDbConnection::queryCacheID merujuk ke ID component

aplikasi cache yang valid (secara default ke cache).

Menggunakan Query Caching dengan DAO

Untuk menggunakan query caching, kita memanggil method CDbConnection::cache() ketika melakukan query DB. Berikut contohnya:

$sql = 'SELECT * FROM tbl_post LIMIT 20';
$dependency = new CDbCacheDependency('SELECT MAX(update_time) FROM tbl_post');
$rows = Yii::app()->db->cache(1000, $dependency)->createCommand($sql)->queryAll();

Ketika menjalankan statement di atas, Yii pertama-tama akan mengecek cache berisi konten statement SQL yang valid untuk dieksekusi. Untuk itu dilakukan pengecekan dengan 3 keadaan;

  • Jika cache berisi sebuah entri yang diindeks oleh statement SQL.
  • Jika entri belum kadaluarsa (krang dari 1000 deik semenjak disimpan ke cache)
  • jika ketergantungannya tidak berubah (nilai maksimal update_time sama ketika hasil query disimpan ke cache.

Jika ketiga kondisi itu terpenuhi, maka hasil cache akan dikembalikan dari cache. Kalau tidak, maka statement SQL akan dikirim ke server DB untuk dijalankan, dan hasil bersangkutan akan disimpan ke cache.

Menggunakan Query Caching dengan ActiveRecord

Query caching dapat juga digunakan dengan Active Record. Untuk itu, kita memanggil fungsi CActiveRecord::cache() dengan cara berikut:

$dependency = new CDbCacheDependency('SELECT MAX(update_time) FROM tbl_post');
$posts = Post::model()->cache(1000, $dependency)->findAll();
// relational AR query
$posts = Post::model()->cache(1000, $dependency)->with('author')->findAll();

Method cache() di sini secara esensinya adalah shortcut untuk CDbConnection::cache(). Secara internal, ketika mengeksekusi statement SQL yang dihasilkan oleh ActiveRecord, Yii akan mencoba menggunakan query caching seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Caching Multiple Queries

Secara default, setiap kali kita memanggil method cache() (baik CDbConnection ataupun CActiveRecord), akan menandai query SQL berikutnya untuk di-cache. Query SQL lainnya tidak akan di-cache sampai kita memanggil cache() lagi. Misalnya,

$sql = 'SELECT * FROM tbl_post LIMIT 20';
$dependency = new CDbCacheDependency('SELECT MAX(update_time) FROM tbl_post');
 
$rows = Yii::app()->db->cache(1000, $dependency)->createCommand($sql)->queryAll();
// query caching TIDAK akan digunakan
$rows = Yii::app()->db->createCommand($sql)->queryAll();

Dengan menyediakan parameter ekstra $queryCount ke method cache(), kita memaksa multiple query untuk menggunakan query caching. Di contoh berikut, ketika kita memanggil fungsi cache(), kita akan menentukan query caching harus digunakan untuk 2 query berikutnya:

// ...
$rows = Yii::app()->db->cache(1000, $dependency, 2)->createCommand($sql)->queryAll();
// query caching WILL be used
$rows = Yii::app()->db->createCommand($sql)->queryAll();

Seperti yang diketahui, ketika melakukan query AR relasi, ada kemungkinan beberapa query SQL akan dijalankan (silahkan cek di log messages). Misalnya, untuk relasi antara Post dan Comment yang HAS_MANY, maka code berikut akan mengeksekusi dua query:

  • Pertama select post sebanyak 20;
  • Kemudian select comment untuk post yang di-select sebelumnya.
$posts = Post::model()->with('comments')->findAll(array(
    'limit'=>20,
));

Jika kita menggunakan query caching demikian, maka hanya query DB pertama yang di-cache.

$posts = Post::model()->cache(1000, $dependency)->with('comments')->findAll(array(
    'limit'=>20,
));

Supaya kedua-dua query DB di-cache, kita harus memberikan parameter ekstra berapa banyak query DB yang akan di-cache berikutnya:

$posts = Post::model()->cache(1000, $dependency, 2)->with('comments')->findAll(array(
    'limit'=>20,
));

Batasan

Query caching tidak bekerja pada hasil query yang mengandung pengatur resource. Misalnya, ketika menggunakan kolom jenis BLOB di beberapa DBMS, hasil query akan mengembalikan resource handle untuk kolom data.

Beberapa simpanan caching memiliki limitasi pada ukurannya. Misalnya, memcache membatasi ukuran setiap entri hanya 1MB. Oleh karenanya, jika ukuran query melebihi batasan ini, maka caching akan gagal.

$Id: caching.data.txt 3125 2011-03-25 17:05:31Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.