Model

Model adalah turunan dari CModel atau anak kelasnya. Model dipakai untuk memelihara data dan aturan bisnis relevannya.

Model mewakili satu obyek data. Ia dapat berupa baris dalam tabel database atau formulir input bagi pengguna. Setiap field obyek data digambarkan sebagai atribut model. Atribut memiliki label dan bisa divalidasi terhadap set aturan.

Yii mengimplementasi dua jenis model: model formulir dan rekaman aktif. Keduanya diperluas dari kelas basis yang sama CModel.

Model formulir adalah turunan dari CFormModel. Model formulir dipakai untuk memelihara data yang dikumpilkan dari input pengguna. Data tersebut sering dikumpulkan, dipakai kemudian diabaikan. Sebagai contoh, pada halaman masuk, kita dapat menggunakan model formulir untuk menyajikan informasi nama pengguna dan kata sandi yang disediakan oleh pengguna akhir. Untuk lebih jelasnya, silahkan merujuk ke Bekerja dengan Formulir

Active Record (AR) atau rekaman aktif adalah pola design yang dipakai untuk mengaburkan akses database dalam mode terorientasi-obyek. Setiap obyek AR adalah turunan dari CActiveRecord atau kelas anaknya, mewakili satu baris dalam tabel database. Field dalam baris diwakili sebagai properti obyek AR. Rincian mengenai AR dapat ditemukan dalam Rekaman Aktif.

$Id: basics.model.txt 162 2008-11-05 12:44:08Z weizhuo $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.