Komponen

Aplikasi Yii dibangun setelah komponen berupa obyek ditulis menjadi spesifikasi. Sebuah komponen adalah turunan dari CComponent atau kelas sebelumnya. Pemakaian komponen meliputi pengaksesan propertinya dan memunculkan/menangani event-nya. Kelas basis CComponent menetapkan bagaimana untuk mendefinisikan properti dan event.

1. Properti Komponen

Properti komponen seperti variabel anggota public sebuah obyek. Kita dapat membaca nilainya atau menempatkan sebuah nilai ke dalamnya. Sebagai contoh,

$width=$component->textWidth;     // ambil properti textWidth
$component->enableCaching=true;   // setel properti enableCaching

Untuk mendefinisikan properti komponen, kita cuku mendeklarasian variabel anggota public dalam kelas komponen. Cara yang lebih fleksibel adalah dengan mendefinisikan metode getter (pengambil) dan setter (penyetel) seperti berikut:

public function getTextWidth()
{
    return $this->_textWidth;
}
 
public function setTextWidth($value)
{
    $this->_textWidth=$value;
}

Kode di atas mendefinisikan properti yang bisa ditulis dengan nama textWidth (nama sensitif jenis huruf). Ketika membaca properti, getTextWidth() dipanggil dan nilai yang dihasilkannya menjadi nilai properti; Hal yang mirip, saat menulis properti, setTextWidth() dipanggil. Jika metode penyetel tidak didefinisikan, properti akan menjadi hanya-baca dan menulisinya akan memunculkan sebuah eksepsi. Menggunakan metode pengambil dan penyetel untuk mendefinisikan sebuah properti memiliki keuntungan bahwa logika tambahan (seperti melakukan validasi, memunculkan event) dapat dijalankan saat membaca dan menulis properti.

Catatan: Ada perbedaan menyolok antara properti yang didefinisikan via metode pengambil/penyetel dan variabel anggota kelas. Nama pengambil/penyetel tidak sensitif jenis huruf sementara variabel anggota kelas sensitif jenis huruf.

2. Event Komponen

Event komponen adalah properti khusus yang mengambil metode (disebut pengendali event) sebagai nilainya. Melampirkan (menempatkan) metode ke sebuah event akan menyebabkan metode dipanggil secara otomatis di tempat di mana event dimunculkan. Oleh karena itu, perilaku komponen bisa diubah dengan cara yang tidak bisa dilihat selama pengembangan komponen.

Event komponen didefinisikan dengan mendefinisikan sebuah metode yang namanya dimulai dengan on. Seperti nama properti yang didefinisikan via metode pengambil/penyetel, nama event tidak sensitif jenis huruf. Kode berikut mendefinisikan sebuah event onClicked:

public function onClicked($event)
{
    $this->raiseEvent('onClicked', $event);
}

di mana $event adalah turunan CEvent atau anak kelasnya yang menyediakan parameter event.

Kita dapat melampirkan sebuah metode ke event ini seperti berikut:

$component->onClicked=$callback;

di mana $callback merujuk ke PHP callback yang benar. Ia bisa berupa fungsi global atau metode kelas. Jika metode kelas, callback harus dibentuk sebagai array: array($object,'methodName').

Tanda tangan pengenali event harus seperti berikut:

function methodName($event)
{
    ......
}

di mana $event merupakan parameter yang menjelaskan event (ia berasal dari panggilan raiseEvent()). Parameter $event adalah turunan dari CEvent atau kelas sebelumnya. Pada kondisi minimum, ia berisi informasi mengenai siapa yang memunculkan event.

Jika kita memanggil onClicked() sekarang, event onClicked akan dimunculkan (di dalam onClicked()), dan pengendali event terlampir akan dipanggil secara otomatis.

Sebuah event dapat dilampirkan ke multipel pengendali. Saat event dimunculkan, pengendali akan dipanggil dengan urutan di mana ia dilampirkan ke event. Jika sebuah pengendali memutuskan untuk menghindari pemanggilan pengendali berikutnya, bisa dilakukan dengan menyetel $event->handled menjadi true.

3. Perilaku Komponen

Mulai dari versi 1.0.2, sebuah komponen sudah ditambahkan guna mendukung mixin dan dapat dilampirkan dengan satu atau beberapa perilaku. Sebuah perilaku adalah obyek yang metodenya bisa 'inherited' (diturunkan) dengan komponen lampirannya dalam arti pengumpulan fungsionalitas daripada spesialisasi (misal, penurunan kelas normal). Komponen dapat dilampirkan ke beberapa perilaku dan selanjutnya melakukan 'multipel penurunan'.

Kelas perilaku harus mengimplementasikan antar muka IBehavior. Umumnya perilaku dapat diperluas dari kelas basis CBehavior. Jika perilaku perlu dilampirkan ke sebuah model, ia juga bisa diperluas dari CModelBehavior atau CActiveRecordBehavior yang mengimplementasikan fitur tambahan tertentu untuk model.

Untuk menggunakan perilaku, ia harus dilampirkan ke sebuah komponen lebih dulu dengan memanggil metode perilaku attach(). Kemudian kita memanggil metode perilaku melalui komponen:

// $name secara unik mengidentifikasi behavior dalam komponen
$behavior->attach($name,$component);
// test() adalah metode $behavior
$component->test();

Perilaku yang dilampirkan dapat diakses seperti layaknya properti komponen. Sebagai contoh, jika perilaku bernama tree dilampirkan ke komponen, kita bisa memperoleh referensi ke obyek perilaku ini menggunakan:

$behavior=$component->tree;
// sama dengan kode berikut:
// $behavior=$component->asa('tree');

Sebuah perilaku dapat dimatikan sementara agar metodenya tidak tersedia pada komponen. Sebagai contoh,

$component->disableBehavior($name);
// pernyataan berikut akan memunculkan eksepsi
$component->test();
$component->enableBehavior($name);
// ia bekerja sekarang
$component->test();

Dimungkinkan bahwa dua perilaku dilampirkan ke komponen yang sama yang memiliki nama metode yang sama. Dalam hal ini, perilaku metode pertama yang akan diprioritaskan.

Ketika dipakai bersama dengan event, perilaku bahkan lebih bertenaga. Sebuah perilaku, bila dilampirkan ke sebuah komponen dapat melampirkan beberapa metodenya ke beberapa event komponen. Dengan melakukan itu, perilaku mendapat kesempatan untuk mengawasi atau mengubah alur eksekusi normal komponen.

$Id: basics.component.txt 683 2009-02-16 05:20:17Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.