Aplikasi Konsole

Aplikasi konsol dipakai terutama oleh aplikasi web untuk melakukan pekerjaan offline, seperti pembuatan kode, pencarian kompilasi indeks, pengiriman email, dll. Yii menyediakan sebuah kerangka kerja untuk penulisan aplikasi konsol secara sistematis dan berorientasi-obyek.

Yii mewakili setiap tugas konsol dalam batasan turunan perintah, dan aplikasi konsole yang dipakai untuk mengirimkan permintaan baris perintah ke perintah yang sesuai. Turunan aplikasi dibuat dalam naskah entri. Untuk menjalankan tugas konsol, kita cukup menjalankan perintah pada baris perintah sebagai berikut,

php entryScript.php CommandName Param0 Param1 ...

di mana CommandName merujuk pada nama perintah yang tidak sensitif jenis huruf, dan Param0, Param1 dan seterusnya adalah parameter yang dioper ke turunan perintah.

Naskah entri untuk aplikasi konsol biasanya ditulis seperti berikut, mirip dengan aplikasi Web,

defined('YII_DEBUG') or define('YII_DEBUG',true);
// sertakan file bootstrap Yii
require_once('path/to/yii/framework/yii.php');
// buat turunan aplikasi dan jalankan
$configFile='path/to/config/file.php';
Yii::createConsoleApplication($configFile)->run();

Kemudian kita membuat kelas perintah yang harus diperluas dari CConsoleCommand. Setiap kelas perintah harus dinamai seperti nama perintah ditambahkan dengan Command. Sebagai contoh, untuk mendifisikan perintah email, kita harus menulis kelas EmailCommand. Semua file kelas perintah harus ditempatkan di bawah subdirektori commands pada basis direktori aplikasi.

Tip: Dengan mengkonfigurasi CConsoleApplication::commandMap, Anda juga dapat memiliki kelas perintah dalam kkonvensi penamaan berbeda dan ditempatkan dalam direktori yang berbeda.

Menulis kelas perintah umumnya menyangkut implementasi metode CConsoleCommand::run. Parameter baris perintah dioper sebagai array pada metode ini. Di bawah ini contohnya:

class EmailCommand extends CConsoleCommand
{
    public function run($args)
    {
        $receiver=$args[0];
        // kirim email ke $receiver
    }
}

Kapan saja dalam sebuah perintah, kita dapat mengakses turunan aplikasi konsol via Yii::app(). Seperti turunan aplikasi Web, aplikasi konsole juga bisa dikonfigurasi. Sebagai contoh, kita bosa mengkonfigurasi komponen aplikasi db untuk mengakses database. Konfigurasi biasanya ditetapkan sebagai file PHP dan dioper ke pembentuk kelas aplikasi konsol (atau createConsoleApplication dalam naskah entri).

1. Menggunakan Piranti yiic

Kita sudah menggunakan piranti yiic untuk membuat aplikasi pertama kita. Sebenarnya piranti yiic diimplementasikan sebagai aplikasi konsol yang file naskah entrinya framework/yiic.php. Menggunakan yiic, kita dapat melaksanakan tugas-tugas seperti membuat kerangka aplikasi Web, membuat kelas kontroler atau kelas model, membuat kode yang dibutuhkan oleh operasi CRUD, menguraikan pesan yang diterjemahkan, dll.

Kita dapat meningkatkan yiic dengan menambah perintah kita sendiri yang dikustomisasi. Untuk melakukannya, kita harus mulai dengan kerangka aplikasi yang dibuat menggunakan perintah yiic webapp, seperti dijelaskan dalam Membuat Aplikasi Pertama Yii. Perintah yiic webapp akan membuat dua file di bawah direktori protected: yiic dan yiic.bat. Keduanya adalah versi lokal pada piranti yiic yang dibuat khususnya untuk aplikasi Web.

Selanjutnya kita membuat perintah kita sendiri di bawah direktori protected/commands. Menjalankan piranti lokal yiic, kita akan melihat bahwa perintah kita sendiri terlihat bersama dengan yang standar. Kita juga bisa membuat perintah kita sendiri untuk dipakai saat yiic shell dipakai. Untuk melakukannya, cukup masukkan file kelas perintah di bawah direktori protected/commands/shell.

$Id: topics.console.txt 745 2009-02-25 21:45:42Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.