Cache Fragmen

Cache fragmen merujuk pada melakukan cache fragmen sebuah halaman. Sebagai contoh, jika halaman menampilkan ringkasan penjualan tahunan dalam sebuah tabel, kita dapat menyimpan tabel ini dalam cache untuk mengeliminasi waktu yang dibutuhkan dalam membuatnya untuk setiap permintaan.

Untuk menggunakan cache fragmen, kita memanggil CController::beginCache() dan CController::endCache() dalam naskah tampilan kontroler. Masing-masing dari dua metode menandai awal dan akhir konten halaman yang harus di-cache. Seperti cache data, kita memerlukan ID guna mengidentifikasi fragmen yang sedang di-cache.

...konten HTML lain...
<?php if($this->beginCache($id)) { ?>
...konten yang di-cache...
<?php $this->endCache(); } ?>
...konten HTML lain...

Dalam contoh di atas, jjika beginCache() mengembalikan false, konten yang di-cache akan disisipkan secara otomatis; sebaliknya, konten di dalam pernyataan-if yang akan dijalankan dan di- cache saat endCache() dipanggil.

1. Opsi Cache

Ketika memanggil beginCache(), kita dapat menyediakan array sebagai parameter kedua yang terdiri dari opsi cache untuk mengkustomisasi cache fragmen. Bahkan dalam kenyataanya, metode beginCache() dan endCache() adalah pelapis yang nyaman untuk widget COutputCache. Oleh karena itu, opsi cache dapat bernilai awal untuk setiap properti COutputCache.

Durasi

Barangkali, opsi paling umum adalah duration yang menetapkan berapa lama konten tetap benar dalam cache. Ia mirip dengan parameter masa hidup CCache::set(). Kode berikut melakukan cache fragmen konten untuk satu jam:

...konten HTML lain...
<?php if($this->beginCache($id, array('duration'=>3600))) { ?>
...konten yang di-cache...
<?php $this->endCache(); } ?>
...konten HTML lain...

Jika kita tida menyetel durasi, standarnya adalah 60, berarti konten di-cache akan disegarkan setelah 60 detik.

Ketergantungan

Seperti halnya cache data, fragmen konten yang sedang di- cache juga bisa memiliki ketergantungan. Sebagai contoh, konten tulisan yang sedang ditampilkan tergantung apakah tulisan dimodifikasi atau tidak.

Untuk menetapkan ketergantungan, kita menyetel opsi dependency, yang bisa berupa obyek yang mengimplementasi ICacheDependency atau array konfigurasi yang dapat dipakai guna menghasilkan obyek dependensi. Kode berikut menetapkan konten fragmen yang tergantung pada perubahan nilai kolom lastModified:

...konten HTML lain...
<?php if($this->beginCache($id, array('dependency'=>array(
        'class'=>'system.caching.dependencies.CDbCacheDependency',
        'sql'=>'SELECT MAX(lastModified) FROM Post')))) { ?>
...konten yang di-cache...
<?php $this->endCache(); } ?>
...konten HTML lain...

Variasi

Konten yang sedang di-cache dapat divariasikan berdasarkan pada beberapa parameter. Sebagai contoh, profil personal bisa terlihat berbeda bagi pengguna yang berbeda. Untuk men-cache konten profil, kita ingin duplikat yang di-cache divariasikan berdasarkan ID pengguna. Secara esensial ini berarti bahwa kita harus menggunakan ID berbeda saat memanggil beginCache().

Daripada meminta para pengembang untuk memvariasikan ID berdasarkan pada beberapa skema, COutputCache adalah fitur built-in untuk hal itu. Di bawah ini ringkasannya.

  • varyByRoute: dengan menyetel opsi ini menjadi true, konten yang di-cache kan divariasikan berdasarkan rute. Oleh karena itu, setiap kombinasi kontroler dan aksi yang diminta akan memiliki konten di-cache terpisah.

  • varyBySession: dengan menyetel opsi ini menjadi true, kita bisa membuat konten di-cache divariasikan berdasarkan ID sesi. Oleh karena itu, setiap sesi pengguna dapat melihat konten secara berbeda dan semuanya dilayani daricache.

  • varyByParam: dengan menyetel opsi ini menjadi array nama, kita dapat membuat konten di-cache divariasikan berdasarkan nilai yang ditetapkan parameter GET. Sebagai contoh, jika halaman menampilkan konten tulisan berdasarkan parameter GET id, kita bisa menetapkan varyByParam menjadi array('id') dengan demikian kita dapat men-cache konten untuk setiap tulisan. Tanpa variasi seperti ini, kita hanya bisa men-cache satu tulisan..

Jenis Permintaan

Ada kalanya kita menginginkan cache fragmen hanya dihidupkan untuk jenis permintaan tertentu. Sebagai contoh, untuk halaman yang menampilkan formulir, kita hanya ingin men-cache formulir saat awal ia diminta (via permintaan GET). Setiap tampilan selanjutnya (via permintaan POST) terhadap formulir tidak harus di-cache karena formulir mungkin berisi input pengguna. Untuk melakukannya, kita dapat menetapkan opsi requestTypes:

...konten HTML lain...
<?php if($this->beginCache($id, array('requestTypes'=>array('GET')))) { ?>
...konten yang di-cache...
<?php $this->endCache(); } ?>
...konten HTML lain...

2. Cache Berulang

Cache fragmen dapat diulang. Yaitu, fragmen yang di-cache disertakan dalam fragmen yang lebih besar yang juga di-cache. Sebagai contoh, komentar di-cache dalam fragmen cache lebih dalam, dan di-cache bersama dengan konten tulisan di cache fragmen lebih luar.

...konten HTML lain...
<?php if($this->beginCache($id1)) { ?>
...konten lebih luar di-cache...
    <?php if($this->beginCache($id2)) { ?>
    ...konten lebih dalam di-cache...
    <?php $this->endCache(); } ?>
...konten lebih luar di-cache...
<?php $this->endCache(); } ?>
...konten HTML lain...

Opsi cache yang berbeda dapat disetel untuk pengulangan cache. Sebagai contoh, cache lebih dalam dan cache lebih luar dalam contoh di atas dapat disetel dengan nilai durasi yang berbeda. Saat data di-cache dalam cahce lebih luar disegarkan, cache mungkin menyediakan fragmen lebih dalam yang masih. Akan tetapi, tidak benar jika dilakukan sebaliknya. Jika cache lebih luar berisi data yang benar, ia akan selalu menyediakan duplikat yang di-cache, meskipun konten cache lebih dalam sudah berakhir.

$Id: caching.fragment.txt 323 2008-12-04 01:40:16Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.