Tema

Tema adalah cara sistematis mengkustomisasi tampilan halaman dalam aplikasi Web. Dengan menerapkan tema baru, penampilan aplikasi Web secara keseluruhan bisa diubah secara instan dan secara dramatis.

Dalam Yii, setiap tema disajikan sebagai direktori yang terdiri dari file view, file layout, dan file sumber daya relevan seperti file gambar, file CSS, file JavaScript, dll. Nama tema adalah nama direktorinya. Semua tema berada di bawah dierktori yang sama WebRoot/themes. Hanya ada satu tema saja yang bisa aktif.

Tip: Direktori root standar tema WebRoot/themes bisa dikonfigurasi ke direktori yang berbeda. Cukup konfigurasi properti basePath dan baseUrl pada komponen aplikasi themeManager ke direktori yang diinginkan.

Untuk mengaktifkan tema, setel properti theme aplikasi Web menjadi nama tema yang diinginkan. Ini bisa dikerjakan baik dalam konfigurasi aplikasi maupun selama berjalan dalam aksi kontoler.

Catatan: Nama tema sensitif jenis huruf. Jika Anda mencoba mengaktifkan tema yang tidak ada, Yii::app()->theme akan mengembalikan null.

Konten di bawah direktori theme harus diatur dengan cara yang sama seperti yang ada di bawah basis path aplikasi. Sebagai contoh, semua file tampilan harus ditempatkan di bawah views, file tampilan layout di bawah views/layouts, dan file tampilan system di bawah views/system. Contoh lain, jika kita ingin mengganti tampilan create pada PostController dengan tampilan pada tema classic, kita harus menyimpan file tampilan baru sebagai WebRoot/themes/classic/views/post/create.php.

Untuk tampilan yang dimiliki kontroler dalam modul, File tampilan tema terkait juga harus ditempatkan di bawah dierktori views. Sebagai contoh, jika PostController ada dalam sebuah modul bernama forum, kita harus menyimpan file tampilan create sebagai WebRoot/themes/classic/views/forum/post/create.php. Jika modul forum diulang dalam modul lain bernama support, maka file tampilan seharusnya WebRoot/themes/classic/views/support/forum/post/create.php.

Catatan: Karena direktori views mungkin berisi data sensitif-keamanan, ia harus dikonfigurasi guna menjaga dari pengakses Web oleh pengguna.

Ketika kita memanggil render atau renderPartial untuk menampilkan tampilan, file tampilan terkait juga file tata letak akan dicari di tema yang saat ini sedang aktif. Dan jika ditemukan, file-file tersebut akan dirender. Sebaliknya, jika gagal akan kembali ke lokasi seperti yang ditetapkan oleh viewPath dan layoutPath.

Tip: Di dalam tampilan tema, kita sering harus menghubungkan file sumber daya tema. Sebagai contoh, kita mungkin ingin memperlihatkan file gambar di bawah direktori images tema. Menggunakan properti baseUrl property pada tema yang aktif saat ini, kita membuat URL untuk gambar seperti berikut,

Yii::app()->theme->baseUrl . '/images/FileName.gif'
$Id: topics.theming.txt 878 2009-03-23 15:31:21Z qiang.xue $

Be the first person to leave a comment

Please to leave your comment.