0 follower

Membuat dan Mengupdate Post

Dengan model Post yang siap, kita perlu mengatur action dan view dari controller PostController. Dalam bagian ini, kita pertama akan mengkustomisasi access control dari operasi CRUD, kita kemudian mengubah kode yang diimplementasi operasi create dan update.

1. Mengkustomisasi Access Control

Hal pertama yang ingin kita lakukan adalah mengkustomisasi [access control](http://www.yiiframework.com/doc/guide/topics.auth#access-control-filter dikarenakan kode yang di-generate yiic tidak sesuai dengan keperluannya.

Kita memodifikasi metode accessRule() di dalam file /wwwroott/blog/protected/controllers/PostController.php sebagai berikut,

public function accessRules()
{
    return array(
        array('allow',  // memungkinkan semua user melakukan action `list` dan `show`
            'actions'=>array('index', 'view'),
            'users'=>array('*'),
        ),
        array('allow', // memungkinkan user yang terotentikasi ke dalam melakukan action apapun
            'users'=>array('@'),
        ),
        array('deny',  // tolak seluruh user.
            'users'=>array('*'),
        ),
    );
}

Pada aturan di atas menetapkan bahwa semua user dapat mengakses aksi index dan view dan user yang terotentikasi pada action manapun saja, termasuk kelasadmin. User harus dilaran mengakses di scenario lain. Harap catat bahwa aturan-aturan ini dievaluasi dalam cara evaluasi aturan order sekarang. Aturan pertama cocok dengan konteks sekarang dalam membuat keputusan akses. Misalnya, jika user sekarang adalah pemilik sistem yang ingin mengunjungi halaman pembuatan post, aturan kedua akan cocok dan memberikan akses kepada user.

2. Kustomisasi Operasi create dan update Operations

Operasi create dan update sangat mirip. Mereka sama-sama membutuhkan sebuah tampilan sebuah form HTML untuk mengumpulkan input user, memvalidasi mereka, dan menyimpan mereka ke dalam database. Perbedaan utama antara operasi update akan mempopulasi bentuk form dengan data post yang sudah ada di dalam database. Untuk alasan ini, yiic mengenerate partial view /wwwroot/blog/protected/views/post/_form.php yang dapat diembed baik di view create dan update untuk merender form HTML.

Pertama-tama kita mengubah file _form.php sehingga form HTML hanya mengumpulkan input yang kita inginkan: title, content, tags dan status. Kita akan menggunakan field teks polos untuk mengumpulkan input-input untuk tiga atribut pertama, dan sebuah dropdown list untuk input status. Opsi dropdown list adalah tampilan teks untuk menampilkan status yang ada:

<?php echo $form->dropDownList($model,'status',Lookup::items('PostStatus')); ?>

Di atas, kita memanggil Lookup::items('PostStatus') untuk membawa daftar status post.

Kemudian kita memodifikasi kelas Post sehingga dapat secara otomatis mengatur beberapa atribut (seperti create_time danauthor_id) sebelum sebuah post dapat disimpan ke database. Kita meng-override metodebeforeSave()` sebagai berikut,

protected function beforeSave()
{
    if(parent::beforeSave())
    {
        if($this->isNewRecord)
        {
            $this->create_time=$this->update_time=time();
            $this->author_id=Yii::app()->user->id;
        }
        else
            $this->update_time=time();
        return true;
    }
    else
        return false;
}

Ketika kita menyimpan sebuah post, kita ingin mengupdate tabel tbl_tag yang merefleksikan perubahan frekuensi tag. Kita dapat melakukan tugas ini di metode afterSave(), yang akan secara otomatis dipanggil ketika Yii berhasil menyimpan post ke dalam database.

protected function afterSave()
{
    parent::afterSave();
    Tag::model()->updateFrequency($this->_oldTags, $this->tags);
}
 
private $_oldTags;
 
protected function afterFind()
{
    parent::afterFind();
    $this->_oldTags=$this->tags;
}

Dalam implementasi, karena kita ingin mendeteksi perubahan tag yang dilakukan user ketika dia mengupdate post yang ada, kita perlu mengetahui apa tag lamanya. Untuk alasan ini, kita juga menulis sebuah metode afterFind() untuk menyimpan tag lama dalam variabel _oldTags. Jika metode afterFind() jika memanggil secara otomatis oleh Yii ketika record AR dipopulasi dengan data dari database.

Kita tidak akan menjelaskan secara detail metode Tag::updateFrequency() di sini, bagi yang tertarik maka bisa merujuk ke file /wwwroot/yii/demos/blog/protected/models/Tag.php.

Found a typo or you think this page needs improvement?
Edit it on github !