Asking.. Help Me :)

Hai agan agan pecinta yii :rolleyes:

saya baru blajar php ni… langsung dapat tugas buat rebuild YII framework :blink:

langsung buta skitika saya :-[

tolong saya gan… saya disuruh buat makalah nya… saya di kelompok pertama… jadi dapat tugas buat analisis kelas2 pada package system dan system.base … trus disuruh di uji perfungsi pada kelas-kelas dalam package system dan system.base… ane mau nanya cara nguji perfungsinya gmana gan? tolong ya gan…

kalau deskripsi sama algoritma kan udah ada di documentation yii nya hehehe :)

Mungkin bukan rebuild yii gan, kalau rebuild yii, agan mesti minta izin dulu ke Qiang dan team ;D.

Dan untuk menguji kelas2nya, didalamnya kan ada source codenya gan, agan bisa lakukan test dengan menguji method yg terdapat kelas YiiBase (pada package system), misal menguji method powered.




Yii::powered()



Pada code diatas akan menampilkan footer berupa link ke site yiiframework. Dan ketika agan melihat source nya, akan didapati source spt ini:




public static function powered() 

{ 

    return Yii::t('yii','Powered by {yii}.', array('{yii}'=>'<a href="http://www.yiiframework.com/" rel="external">Yii Framework</a>')); 

} 



ketika agan ingin melakukan test lebih dalan lagi, agan bisa override kelas YiiBase, khususnya pada public method powered. Itu saran dari saya untuk melakukan pengujiannya gan.

Selamat mencoba gan… :)

sorry gan lama aku balasnya :)

makasih atas penjelasannya gan

yang saya ga mengerti ini dasar pengujian nya gan… seperti bagaimana cara mengujinya… menggunakan software atau tidak? kalau pakai software apa? saya masih awam banget masalah php ini gan… apalagi langsung php5 :( terimakasih gan :)

Untuk testing bisa dibaca di buku "Agile Web Application Development with Yii 1.1 and PHP5", tapi ini untuk aplikasi yang dibangun. Untuk pengujian pada komponen YII sendiri bahkan sudah ada unit testnya di github, bisa dilihat di link ini yii test. Pada beberapa macam kasus perlu pula penggunaan XDebug untuk PHP.

Dasar pengujiannya ini juga Saya gak ngerti pertanyaannya Gan :) Tapi kalo metode tersedia untuk digunakan seperti black box atau white box … Tapi ampun deh klo ditanya yang ini :D :D