Yii Framework Forum: menjalankan fungsi testing - Yii Framework Forum

Jump to content

Page 1 of 1
  • You cannot start a new topic
  • You cannot reply to this topic

menjalankan fungsi testing Rate Topic: ****- 1 Votes

#1 User is offline   rizki 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 7
  • Joined: 01-March 11

Posted 10 March 2011 - 02:50 AM

bagi master2 Yii saya mau tanya nih... saya masih baru belajar banget
saya mengikuti panduan dari ebook "Agile Web Aplication Development With Yii 1.1 and PHP"
untuk menjalankan fungsi test pada command line panduannya seperti ini :

pertama: arahkan ke
% cd protected/tests/

langkah ini berhasil !

kedua:
% phpunit functional/SiteTest.php

nah yang langkah ke dua ini belum berhasil, saya sudah coba2 untuk menjalankankan dengan berbagai cara tp belum berhasil juga.
kalo dilewatin step (testing) ini, ternyata di ebook itu selalu melakukan testing rutin disetiap langkah2 nya.

ditunggu banget pencerahannya ? :)
0

#2 User is offline   petra 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 218
  • Joined: 20-June 10

Posted 10 March 2011 - 02:55 AM

1) udah nginstall PHPUnit?
2) udah masukin phpunit ke PATH?
3) konfigurasi xml buat Seleniumnya udah bener ato belum?
1

#3 User is offline   rizki 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 7
  • Joined: 01-March 11

Posted 10 March 2011 - 03:07 AM

View Postpetra, on 10 March 2011 - 02:55 AM, said:

1) udah nginstall PHPUnit?
2) udah masukin phpunit ke PATH?
3) konfigurasi xml buat Seleniumnya udah bener ato belum?

to mas petra !
1) PHPUnit sudah diinstall
2) masukin phpunit ke PATH, nah ini gimana maksudnya ?
3) konfigurasi xml sudah, seperti ini kah ? saya cuma menghapus bagian untuk browser IE nya, karen saya pake FireFox:
<phpunit bootstrap="bootstrap.php"
		colors="false"
		convertErrorsToExceptions="true"
		convertNoticesToExceptions="true"
		convertWarningsToExceptions="true"
		stopOnFailure="false">

	<selenium>
		
		<browser name="Firefox" browser="*firefox" />
	</selenium>

</phpunit>


gitu mas :)
0

#4 User is offline   petra 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 218
  • Joined: 20-June 10

Posted 10 March 2011 - 03:19 AM

ini Linux atau Windows,,

kalo di Windows ya nambahin phpunit ke pathnya

My Computers > Advanced System Settings > Environment Variables
Edit variable PATH, tambahin path direktori php,,, misalnya C:\xampp\php

harusnya kalo jalanin
%phpunit
ada keluar helpnya instead of command not found
1

#5 User is offline   petra 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 218
  • Joined: 20-June 10

Posted 10 March 2011 - 03:20 AM

Eh bentar,, maksudnya

Quote

saya sudah coba2 untuk menjalankankan dengan berbagai cara tp belum berhasil juga.


"belum berhasil juga" itu error atau kayak gimana?
0

#6 User is offline   rizki 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 7
  • Joined: 01-March 11

Posted 10 March 2011 - 04:02 AM

View Postpetra, on 10 March 2011 - 03:20 AM, said:

Eh bentar,, maksudnya


"belum berhasil juga" itu error atau kayak gimana?

maksudnya di command line nya ngga ngeksekusi... lebih tepatnya saya masih bingung gitu mas, hehe :P
saya cari2 cara menjalankan fungsi testing, ada yg nyaranin seperti ini katanya :
phpunit –bootstrap bootstrap.php functional/UserTest.php , tekan enter
tetep masih bingung :)
---
o ya, saya udah nambahin path direktori php
terus gimana selanjutnya ? & untuk perintah di command line gimana perintahnya ?
folder webapp saya dsimpan di D:\htdocs\...

o ya ini di windows mas
:)
0

#7 User is offline   petra 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 218
  • Joined: 20-June 10

Posted 10 March 2011 - 05:52 AM

kalo ngeexecute phpunit di Command Line udah keluar helpnya atau command not found?

C:\>phpunit --version

0

#8 User is offline   rizki 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 7
  • Joined: 01-March 11

Posted 14 March 2011 - 08:44 AM

View Postpetra, on 10 March 2011 - 05:52 AM, said:

kalo ngeexecute phpunit di Command Line udah keluar helpnya atau command not found?

C:\>phpunit --version


ketika menjalankan perintah di command line seperti ini :
C:\xampp\php>phpunit
maka tampil keterangan panjang (mungkin itu yg dimaksud helpnya ya ?)
seperti contoh, saya menjalankan perintah seperti ini :
C:\xampp\php>phpunit --version

keterangan yang keluar di akhir baris adalah : "PHPUnit 2.3.6 by Sebastian Bergman"
seperti itu !
---
tapi kalo saya menjalankan perintah :
C:\>phpunit --version

keterangannya adalah : "Could not open input file: .\pear\PHPUnit2\TextUI\TestRunner.php"
gitu mas :)
sebelumnya terimakasih atas bantuannya mas & maaf saya jarang cek forum ini, karena kemaren2 lg sakit.
0

#9 User is offline   petra 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 218
  • Joined: 20-June 10

Posted 14 March 2011 - 08:41 PM

kemarin saya sempat kayak gitu sih,,,
kalo gak salah dulu saya suspectnya PEAR di xampp agak2 outdated...

tapi setelah saya coba upgrade PEARnya

C:\xampp\php>pear upgrade-all


terus coba nginstall phpunit lagi,

abis itu langsung bisa,,
works like charm..

coba aja deh
1

#10 User is offline   rizki 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 7
  • Joined: 01-March 11

Posted 21 March 2011 - 05:49 AM

Mantaff... case close :D
Thanks banget mas !
0

Share this topic:


Page 1 of 1
  • You cannot start a new topic
  • You cannot reply to this topic

1 User(s) are reading this topic
0 members, 1 guests, 0 anonymous users