Yii Framework Forum: Koneksi database tidak stabil? solusinya? - Yii Framework Forum

Jump to content

Page 1 of 1
  • You cannot start a new topic
  • You cannot reply to this topic

Koneksi database tidak stabil? solusinya? Rate Topic: -----

#1 User is offline   elviskudo 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 14
  • Joined: 13-July 10
  • Location:Malang Indonesia

Posted 22 September 2010 - 09:22 AM

eh, temen-temen butuh bantuan lagi nih!

saat koneksi dengan database mysql (XAMPP 1.7.3) terkadang saya:
untuk membaca table menggunakan:
$cri = new CDbCriteria;
$cri->select = '*';
$cri->condition = 'id_user=:id_user';
$cri->params = array(':id_user'=>(int)$id_user);
$users = UserModel::model()->find($cri);
echo $users->nama;

kadang menggunakan:
$id_user = $_GET['id_user'];
$users = UserModel::model()->find('id_user=?',array($id_user));
echo $users->nama;

dan anehnya itu kadang pake cara pertama bisa jalan, tapi pada file cara pertama tidak bisa jalan jadi pake cara kedua.

terus untuk meng-insert table:
kadang menggunakan:
$query = "
INSERT INTO users VALUES(
null,
'".date('Y-m-d H:i:s')."',
'".date('Y-m-d H:i:s')."')
";
$command = Yii::app()->db->createCommand($query);
$command->execute();

kadang menggunakan:
$insert = new CategoryModel;
$insert->nama = $nama;
$insert->keterangan = $keterangan;
$insert->id_user = $id_user;
$insert->save();


apa memang seperti itu? adakah solusinya?

thanx
0

#2 User is offline   junxiong 

  • Advanced Member
  • PipPipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 541
  • Joined: 21-June 10

Posted 22 September 2010 - 08:37 PM

Saya menebak, mungkin terjadi kesalahan penulisan koding.
Kadang jalan kadang nggak bisa saja diakibatkan variabel yang masih kosong dipassing ke codingnya (koding pertama), jadinya gak sukses.
“The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents.” - Nathaniel Borenstein

Yii Playground : Collaborative demo apps. You can join to improve it too!
My Team's Blog: In Indonesian.
0

#3 User is offline   fastcrash 

  • Standard Member
  • PipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 245
  • Joined: 10-March 10
  • Location:South Jakarta

Posted 22 September 2010 - 10:40 PM

Saya menebak, mungkin setingan rules-nya kurang pas atau setingan databasenya yg not null mungkin.
mungkin bisa cek print_r($users) biar lebih jelas, kalau error query biasanya throw error bla blaa..
kalau tdk error mungkin nilai kondisinya yg kosong.

Btw, $_GET['id_user'] harus int, misal : 101, 999, walaupun d manual disebut string.
Jadi misal $_GET['id_user'] = 101R, tidak akan valid, ketangkep preg_match.
klo ga salah.. Posted Image
0

#4 User is offline   elviskudo 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 14
  • Joined: 13-July 10
  • Location:Malang Indonesia

Posted 24 September 2010 - 06:05 PM

eh, ini ada lagi nih:

echo 'session sekarang:'.Yii::app()->session->get('level_userlogin');
//print_r($_POST);
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === 1) {
echo 'ini level betul';
else
echo 'level lain';


ini hasilnya:
session sekarang:1
level lain


disitu yang kebaca adalah
level lain
bukan
ini level betul
tidak kebaca, padahal sudah jelas kalo level_userloginnya adalah 1, aneh banget nih?
0

#5 User is offline   junxiong 

  • Advanced Member
  • PipPipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 541
  • Joined: 21-June 10

Posted 25 September 2010 - 03:30 AM

View Postelviskudo, on 24 September 2010 - 06:05 PM, said:

eh, ini ada lagi nih:

echo 'session sekarang:'.Yii::app()->session->get('level_userlogin');
//print_r($_POST);
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === 1) {
echo 'ini level betul';
else
echo 'level lain';


ini hasilnya:
session sekarang:1
level lain


disitu yang kebaca adalah
level lain
bukan
ini level betul
tidak kebaca, padahal sudah jelas kalo level_userloginnya adalah 1, aneh banget nih?


ada kemungkinan gara-gara 'level_userlogin' nya itu adalah '1' bukan 1 integer.
kalau begini mungkin hasilnya akan benar
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === '1')

“The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents.” - Nathaniel Borenstein

Yii Playground : Collaborative demo apps. You can join to improve it too!
My Team's Blog: In Indonesian.
0

#6 User is offline   elviskudo 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 14
  • Joined: 13-July 10
  • Location:Malang Indonesia

Posted 26 September 2010 - 05:23 AM

View Postjunxiong, on 25 September 2010 - 03:30 AM, said:

ada kemungkinan gara-gara 'level_userlogin' nya itu adalah '1' bukan 1 integer.
kalau begini mungkin hasilnya akan benar
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === '1')



wah, terima kasih temen-temen atas bantuannya.
benar2 problem solver nih. :)
0

#7 User is offline   DS_Joss 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 4
  • Joined: 01-October 10

Posted 01 October 2010 - 07:03 AM

echo 'session sekarang:'.Yii::app()->session->get('level_userlogin');
//print_r($_POST);
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === 1) {
echo 'ini level betul';
else
echo 'level lain';


Kata bu Guru operator perbandingan bisa === atau == tapi katanya "Good programming practice" jangan menggunakan 1 tapi gunakan boolean seperti TRUE | FALSE

Mudah2an bisa membantu

Cheers :)
0

#8 User is offline   junxiong 

  • Advanced Member
  • PipPipPip
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 541
  • Joined: 21-June 10

Posted 02 October 2010 - 01:18 AM

View PostDS_Joss, on 01 October 2010 - 07:03 AM, said:

echo 'session sekarang:'.Yii::app()->session->get('level_userlogin');
//print_r($_POST);
if(Yii::app()->session->get('level_userlogin') === 1) {
echo 'ini level betul';
else
echo 'level lain';


Kata bu Guru operator perbandingan bisa === atau == tapi katanya "Good programming practice" jangan menggunakan 1 tapi gunakan boolean seperti TRUE | FALSE

Mudah2an bisa membantu

Cheers :)


ikut nimbrung lagi...
perasaan sih '1' itu bukan true atau false, tapi level nya, jadi bisa 1, bisa 2, bisa 3 gitu deh~
“The most likely way for the world to be destroyed, most experts argue, is by accident. That’s where we come in; we’re computer professionals. We cause accidents.” - Nathaniel Borenstein

Yii Playground : Collaborative demo apps. You can join to improve it too!
My Team's Blog: In Indonesian.
0

#9 User is offline   DS_Joss 

  • Newbie
  • Yii
  • Group: Members
  • Posts: 4
  • Joined: 01-October 10

Posted 02 October 2010 - 04:44 AM

Oh iya betul, maklum lagi belajar :)
0

Share this topic:


Page 1 of 1
  • You cannot start a new topic
  • You cannot reply to this topic

1 User(s) are reading this topic
0 members, 1 guests, 0 anonymous users